BANYUMAS, 21 DESEMBER 2024. Karyawan PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melalui Majelis Taklim XL Axiata (MTXL) bekerjasama dengan IZI menyelenggarakan kegiatan Khitanan Massal di Kabupaten Banyumas, tepatnya berada di lokasi Griya Sunat Al Rafi, Desa Selandaka, Kabupaten Banyumas.
Sebanyak 51 anak hadir diantar oleh wali dan orang tua nya sedari pagi untuk mengikuti proses acara berlangsung. Adik-adik peserta tampak bersemangat sejak pagi menggunakan baju koko dan sarung yang seragam. Setelah prosesi sambutan dan dokumentasi, para peserta mulai memasuki ruangan untuk melaksanakan proses khitan. Tidak berlangsung lama dan tanpa proses yang menyakitkan karena metode LEM, para peserta keluar dari ruangan dengan ragam ekpresi, ada yang sedih, bahagia hingga tersenyum lebar.
Griya Sunat Al Rafi menggunakan metode sunat modern dengan lem khusus untuk menutup luka pasca sunat pada acara khitanan massal. Metode ini memanfaatkan lem bedah berbahan dasar cyanoacrylate yang telah dimodifikasi dengan plasticizer sehingga lebih fleksibel dan aman digunakan.. Metode sunat lem ini memiliki sejumlah keunggulan, seperti proses sunat dan pemulihan yang lebih cepat, hasil yang lebih rapi, risiko perdarahan yang minim. Selain itu, waktu pengerjaan metode ini relatif singkat, hanya sekitar 10-15 menit, sehingga sangat efisien untuk pelaksanaan khitanan massal.
Acara khitanan massal ini tidak hanya fokus pada proses khitan, tetapi juga memberikan pengalaman menyenangkan bagi anak-anak peserta. Kegiatan ini dimeriahkan dengan hiburan khusus untuk anak-anak, serta pemberian bingkisan berisi snack dan perlengkapan ibadah berupa set baju koko dan sarung dengan branding MTXL.
Ketua MTXL Axiata, Yanuar Tirta Kumaya, mengatakan, “Kami sangat bersyukur dapat menyelenggarakan kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian sosial dan kontribusi nyata XL Axiata kepada masyarakat. Khitan merupakan bagian dari kewajiban agama bagi umat Muslim, dan kami berharap kegiatan ini dapat meringankan beban masyarakat yang membutuhkan serta membawa keberkahan bagi semua pihak yang terlibat.”
Selain itu, XL Axiata juga membuka booth khusus di lokasi acara untuk memperkenalkan dan membantu proses registrasi new starter pack (SP) kepada keluarga peserta yang hadir. Hal ini merupakan bagian dari komitmen XL Axiata dalam mendukung konektivitas masyarakat sekaligus memberikan edukasi mengenai layanan telekomunikasi.
Kegiatan ini mendapat apresiasi positif dari masyarakat setempat. Para orang tua peserta khitanan massal menyampaikan rasa terima kasih atas inisiatif ini, yang dinilai sangat membantu terutama menjelang akhir tahun.
Dengan mengadakan kegiatan ini, XL Axiata berharap dapat terus menjalin kedekatan dengan masyarakat melalui program-program sosial yang membawa manfaat nyata dan mendukung peningkatan kualitas hidup masyarakat. Sebelumnya, program serupa telah sukses diselenggarakan di berbagai daerah, seperti Jakarta, Bogor, dan Majalengka, menunjukkan komitmen XL Axiata dalam memberikan kontribusi sosial yang berkelanjutan di berbagai wilayah.